Penguatan Pendidikan Karakter Santri Melalui Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Diniyah Hablul Ulum Pamekasan

Authors

  • Andri Sutrisno Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Moh. Wardi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Abdul Mu'in Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.47655/honai.v5i2.108

Keywords:

Pendidikan Karakter, Aqidah Akhlak, Peserta Didik, Sekolah Hablul Ulum

Abstract

Abstrak

Peserta didik merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah Swt. untuk dirawat dan dididik dengan baik agar memiliki kaakter yang baik pula. Untuk itu, Pendidikan dan karakter merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam mencetak para generasi pemimpin negara ini. dimana sekolah harus menjadi bagian dalam mendidik para anak didik agar memiliki karakter yang baik. untuk itu, sekolah harus melakukan penguatan pendidikan karakter para anak didik agar bisa menjadi para penerus bangsa yang memiliki karakter baik. untuk itu, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskripif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuan. Hasil penelitian ini yaitu penguatan pendidikan karakter melalui pelajaran aqidah aklak di madrasah diniyah hablul ulum melalui pembentukan karaker, transformasi, transmisi dan pengembangan potensi diri para santri. dan bentuk implementasi penguatan pendidikan karakter di madrasah diniyah hablul ulum melalui pembiasaan shalat jama’ah, kegiatan belajar mengajar buku sullam safina dan aqidah al-awam serta sikap teladan dari para guru juga pembiasaan karakter yang baik.

 

Abstract

 Students are a gift given by Allah Swt. to be well cared for and educated in order to have a good character as well. For this reason, Education and character are an inseparable part in producing generations of leaders of this country. Where the school must be part of educating students to have good character. For this reason, schools must strengthen the character education of students so that they can become the successors of the nation who have good character. For this reason, this research uses a descriptive qualitative research approach with a type of case study research. As for the data collection techniques, researchers use observation, interview and documentation techniques while data analysis is used through data reduction, data presentation and withdrawal of information. The results of this study are strengthening character education through aqidah aklak lessons in madrasah diniyah hablul ulum through the formation of karaker, transformation, transmission and development of the self-potential of the students. and the form of implementation of strengthening character education in madrasah diniyah hablul ulum through habituation of jama'ah prayers, teaching and learning activities of sullam safina and aqidah al-awam books as well as exemplary attitudes from teachers as well as good character habituation.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penguatan Pendidikan Karakter Santri Melalui Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Diniyah Hablul Ulum Pamekasan. (2023). Honai, 5(2). https://doi.org/10.47655/honai.v5i2.108