MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GEREJA PERSEKUTUAN PARA KUDUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VI SD ST. AGUSTINUS BAMPEL MERAUKE

Authors

  • Sri Hartini YPPK St. Agustinus Bambu Pemali

DOI:

https://doi.org/10.47655/honai.v5i1.91

Keywords:

hasil belajar, Model Pembelajaran, Numbered Head Together

Abstract

Abstrak

Sri Hartini, S.Ag Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Katolik pada materi Gereja Persekutuan Para Kudus merupakan tujuan dari penelitian ini dengan menggunakan Model Pembelajaran Numberde Head Together. Penelitian ini dilakukan karena terjadi penurunan hasil belajar pada materi Pendidikan Agama Katolik sebelumnya. Penelitian menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together ini didisain dengan menggunakan 2 siklus, dan terdapat 2 pertemuan pada setiap siklus, Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan/tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD YPPK St. Agustinus Bambu Pemali Merauke yang berjumlah 35 siswa. Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together ketuntasan hasil belajar siswa  pada Siklus I adalah 40% atau 14 siswa dengan nilai rata-rata 58,03, meningkat menjadi 91,43 % atau 32 siswa dengan nilai rata-rata 89,87 pada Siklus II. Dengan adanya penelitian ini terjadi peningkatan ketuntasan belajar maupun peningkatan nilai rata-rata kelas setelah diterapkannya Model Pembelajaran Numbered Head Together secara signifikan sebesar 31,84 %.

 

Abstract

Sri Hartini, S. Ag, Improving learning outcomes in Chatolic Religious Education on the material of the Chruth of the Commonion of saints is the purpose of this study using the Numbered Head Together Learning Model. This research was conducted because there was a decrease in learning outcomes in the previous Chatolic Religious Education material. Research using the Numbered Head together Learning model is designed using 2 cycles, and there are 2 meetings in each cycle, each cycle consists of palnning, implementation/action, observation and reflection stages. The subjects of this study were grade VI students of SD YPPK St. Agustinus Bambu Pemali Merauke, totaling 35 students. Trought the Numbered Head Together Learning Model, the complateness of student learning outcomes in Cycle I was 40% or 14 students with an average score of 58,03, increasing to 91,43% or 32 students with an average score of 89,87 in Cycle II. With this research, there was an increase in learning completeness and an increase in the class average value after the application of the Numbered Head Together Learning Model significantly by 31,84%.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GEREJA PERSEKUTUAN PARA KUDUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VI SD ST. AGUSTINUS BAMPEL MERAUKE. (2023). Honai, 5(1). https://doi.org/10.47655/honai.v5i1.91