MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MATERI GEREJA DAN ORANG MUDA DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS IXC SMP NEGERI 5 ARSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.47655/honai.v5i1.97Keywords:
Penggunaan Metode Problem Based Learning, Pendidikan Agama Kristen, Hasil Gereja dan OrangMudaAbstract
Abstrak
Henni Mariani Simarmata, S.PAK Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Materi Gereja Dan Orang Muda Dengan Metode Demonstrasi Kelas IXCSMP Negeri 5 Arso Tahun Pelajaran 2021/2022 Peneliti telah melakukan penelitian tentang upaya meningkatkan hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen dengan menggunakan Metode Demonstrasi Kelas IXCSMP Negeri 5 Arso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan utuk meningkat hasil dan prestasi belajar siswa pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif, psikomotor. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan di setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi kritis dan objektif rencana pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Objek tindakan yaitu evaluasi diri dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan handout. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 5 Arso memperlihatkan hasil uji kompetensi rata-rata nilai dan ketuntasan yang dicapai, yaitu pada prasiklus rata-rata nilai 68,21, dengan ketuntasan 4 siswa atau mencapai 28,57% pada tindakan siklus I rata-rata nilai 76,43 dengan ketuntasan 10 siswa atau mencapai 71,42 %, dan tindakan siklus II rata - rata nilai 83,21 dengan ketuntasan 12 siswa atau mencapai 100%.
Abstract
Henni Mariani Simarmata, S.PAK Improving Learning Outcomes in Christian Religious Education on the Material of the Church and Young People with the Demonstration Method for Class IXCSMP Negeri 5 Arso for the 2021/2022 academic year. Researchers have conducted research on efforts to improve Christian Religious Education learning outcomes by using the Demonstration Method for Class IXCSMP Negeri 5 Arso for the 2021/2022 academic year. This study aims to improve student learning outcomes and achievements in three domains, namely cognitive, affective, psychomotor. The type of research used is classroom action research (PTK) with 4 stages in each cycle, namely planning, implementation, observation and critical and objective reflection of the learning plan on student learning achievement. The object of action is self- evaluation in the learning process to improve the effectiveness of learning by using handouts. This research was conducted at SMP Negeri 5 Arso showing the results of the competency test of the average score and the completeness achieved, namely in the pre-cycle average score of 68.21, with the completeness of 4 students or reaching 28.57% in cycle I action average score 76.43 with the completeness of 10 students or reaching 71.42%, and cycle II action average score 83.21 with the completeness of 12 students or reaching 100%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 honai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.