OPTIMALISASI PELAKSANAAN AKREDITASI MADRASAH SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
Keywords:
Optimalisasi, Akreditasi, Penjaminan mutuAbstract
Tujuan penulisan adalah (1) untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah. (2) Mengetahui dampak akreditasi madrasah terhadap mutu pendidikan. (3) Mengetahui upaya membangun peran BAN-S/M Provinsi sebagai lembaga akreditasi mandiri yang kredibel. Hasil penulisan menunjukkan bahwa mekanisme pelaksanaan akreditasi dimulai dari penetapan sasaran sekolah/madrasah, sosialisasi dan penyampaian perangkat akreditasi, pengisian dan pengiriman instrumen akreditasi, sampai dengan sosialisasi hasil akreditasi. Akreditasi madrasah dapat berdampak sebagai acuan dalam upaya peningkatan mutu sekolah/madrasah dan rencana pengembangan sekolah/madrasah, sebagai motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional, dan dapat membantu Sekolah/Madrasah dalam menentukan dan mempermudah kepindahan peserta didik dari satu sekolah ke sekolah lain, pertukaran guru dan kerjasama yang saling menguntungkan. Upaya membangun peran BAN-S/M Provinsi sebagai lembaga akreditasi mandiri yang kredibel dan bertanggung jawab terhadap terlaksananya mutu pendidikan yang berkualitas diperlukan asesor yang memahami pengelolaan pendidikan yang berkualitas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 honai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.