OPTIMALISASI PELAKSANAAN AKREDITASI MADRASAH SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Joko Waluyo a:1:{s:5:"en_US";s:28:"Balai Diklat Keagamaan Papua";}

Keywords:

Optimalisasi, Akreditasi, Penjaminan mutu

Abstract

Tujuan penulisan adalah (1) untuk mengetahui mekanisme   pelaksanaan   akreditasi   sekolah/madrasah. (2) Mengetahui dampak akreditasi madrasah terhadap mutu pendidikan. (3) Mengetahui upaya membangun peran BAN-S/M Provinsi sebagai lembaga akreditasi mandiri yang kredibel. Hasil penulisan menunjukkan bahwa mekanisme pelaksanaan akreditasi dimulai dari penetapan sasaran sekolah/madrasah,  sosialisasi dan penyampaian perangkat akreditasi, pengisian dan pengiriman instrumen akreditasi, sampai dengan sosialisasi hasil akreditasi. Akreditasi madrasah dapat berdampak sebagai acuan dalam upaya  peningkatan mutu sekolah/madrasah dan rencana pengembangan sekolah/madrasah, sebagai motivasi agar sekolah/madrasah terus  meningkatkan  mutu pendidikan  secara  bertahap,  terencana,  dan  kompetitif  baik  di  tingkat  kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional, dan dapat membantu Sekolah/Madrasah dalam menentukan dan mempermudah kepindahan peserta didik  dari  satu  sekolah  ke  sekolah  lain,  pertukaran  guru  dan  kerjasama  yang  saling menguntungkan. Upaya membangun peran BAN-S/M Provinsi sebagai lembaga akreditasi mandiri yang kredibel dan bertanggung jawab terhadap terlaksananya mutu pendidikan yang berkualitas diperlukan asesor yang memahami pengelolaan pendidikan yang berkualitas.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

OPTIMALISASI PELAKSANAAN AKREDITASI MADRASAH SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN. (2022). Honai, 4(2), 130-142. https://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/55