PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SAKRAMEN PERJAMUAN KUDUS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAYAPURA TAHUN 2019/2020
Keywords:
hasil Belajar, Materi Perjamuan Kudus, Metode Demonstrasi, guru Pendidikan Agama KristenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, psikomotorik dan kognitif materi Sakramen Perjamuan Kudus bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jayapura semester 2 Tahun 2019/2020 melalui metode demonstrasi. Metode penelitian tindakan kelas menggunakan subyek adalah siswa Kristen kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jayapura tahun ajaran 2019/2020. Dari penelitian didapatkan peningkatan hasil belajar afektif dari 14,1% menjadi 92,4%. Pada hasil belajar psikomotorik siklus kedua mencapai 85,3%, yang berarti ada peningkatan sebesar 0,3% di atas indikator pencapaian 85%. Peningkatan hasil belajar kognitif pada siklus kedua mendapatkan hasil sebanyak 15 peserta didik (88,2%) tuntas. Ketuntasan ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus kedua dengan menggunakan metode demonstrasi dinyatakan berhasil. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan penggunaan metode demonstrasi untuk mengajarkan materi Sakramen Perjamuan Kudus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 honai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.