PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI YESUS MENDERITA, WAFAT, DAN BANGKIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS V SD NEGERI WASUR II MERAUKE

Authors

  • Maria Kordia a:1:{s:5:"en_US";s:25:"SD Negeri 2 Wasur Merauke";}

Keywords:

Peningkatan, Hasil Belajar, Role Playing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi Yesus menderita, wafat dan bangkit melalui model pembelajaran role playing siswa kelas V SD NEGERI WASUR II . 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas V SD NEGERI WASUR II. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD NEGERI WASUR II. 2) Hasil rata-rata observasi pada pembelajaran siswa dengan role playing mendapat skor rata-rata keseluruhan aspek pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,67, meningkat pada siklus II menjadi 3,75, dan pada siklus III diperoleh nilai 3,96 menunjukan peningkatan 0,3 poin dan meningkat signifikan. 3) Hasil tes di atas menunjukan rata-rata kemampuan siswa dari tes materi “Yesus menderita,wafat,dan bangkit”. Hasil tes siklus I mendapatkan nilai 83,33 dengan ketuntasan 50%, siklus II mendapat nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan 100%, siklus III mendapat nilai rata-rata 96,67 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan peningkatan 13,34 poin jika dibandingkan siklus I dan 26,67 jika dibandingkan dengan pra Tindakan.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI YESUS MENDERITA, WAFAT, DAN BANGKIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS V SD NEGERI WASUR II MERAUKE. (2022). Honai, 4(2), 170-181. https://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/60