PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI YESUS MENDERITA, WAFAT, DAN BANGKIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS V SD NEGERI WASUR II MERAUKE
Keywords:
Peningkatan, Hasil Belajar, Role PlayingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi Yesus menderita, wafat dan bangkit melalui model pembelajaran role playing siswa kelas V SD NEGERI WASUR II . 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas V SD NEGERI WASUR II. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD NEGERI WASUR II. 2) Hasil rata-rata observasi pada pembelajaran siswa dengan role playing mendapat skor rata-rata keseluruhan aspek pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,67, meningkat pada siklus II menjadi 3,75, dan pada siklus III diperoleh nilai 3,96 menunjukan peningkatan 0,3 poin dan meningkat signifikan. 3) Hasil tes di atas menunjukan rata-rata kemampuan siswa dari tes materi “Yesus menderita,wafat,dan bangkit”. Hasil tes siklus I mendapatkan nilai 83,33 dengan ketuntasan 50%, siklus II mendapat nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan 100%, siklus III mendapat nilai rata-rata 96,67 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan peningkatan 13,34 poin jika dibandingkan siklus I dan 26,67 jika dibandingkan dengan pra Tindakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 honai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.