MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATERI DOA TOBAT MELALUI METODE PENUGASAN PADA SISWA KELAS III SD INPRES MELAM HILI SENTANI

Authors

  • Isidorus Jehalu a:1:{s:5:"en_US";s:28:"SD INPRES MELAM HILI SENTANI";}

Keywords:

Keaktifan Belajar, Doa Tobat, Penugasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengungkapkan doa tobat. Jenis metode penelitian ini adalah metode observasi dan penugasan, dimana peneliti melakukan pengamatan sebanyak dua kali yaitu pada siklus pertama dan siklus kedua dengan mengamati persiapan siswa secara keseluruhan dan memberi penugasan guna melatih keaktifan siswa. Pada pelaksanaan penelitian ini jumlah siswa kelas III yang beragama katolik ada 6 orang. Peneliti sendiri bertindak sebagai pengajar, dan dibantu oleh dua pembimbing. Dengan demikian dari hasil observasi dapat melihat bahwa siswa belum seutuhnya dapat melakukan doa tobat dengan benar, dan karena adanya penugasan yang diberikan dapat melatih siswa untuk lebih aktif. Pembelajaran dengan penugasan secara khusus pada materi doa tobat, terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa. hal ini ditandai oleh terjadinya peningkatan nilai siswa dan juga ketuntasan belajar dari  siklus I ke siklus II dengan 50%  menjadi 100%.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATERI DOA TOBAT MELALUI METODE PENUGASAN PADA SISWA KELAS III SD INPRES MELAM HILI SENTANI. (2022). Honai, 4(2), 118-129. https://honai.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/61